Please ensure Javascript is enabled for purposes of website accessibility

Tugas dan Fungsi PPID

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB

PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI PELAKSANA 

PADA BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN PENDAPATAN DAN ASET DAERAH KABUPATEN KLATEN

1. Atasan PPID Pelaksana, bertugas :

  1. Memutuskan dan mengevaluasi seluruh kegiatan pelayanan informasi publik di lingkungan Badan Pengelolaan Keuangan Pendapatan Dan Aset Daerah Kabupaten Klaten;
  2. Menerima pengajuan keberatan yang disampaikan secara tertulis oleh pemohon informasi publik serta mengikuti proses atas sengketa informasi yang diajukan oleh pihak pemohon;
  3. Melakukan evaluasi dan pengawasan terhadap pelaksanaan layanan informasi publik;
  4. Menyetujui daftar informasi yang dikecualikan.

 

2. PPID Pelaksana, bertugas :

      a. Mengklasifikasikan informasi yang terdiri dari :

    • Informasi yang wajib disediakan dan diumumkan secara berkala;
    • Informasi yang wajib diumumkan secara serta merta;
    • Informasi yang wajib tersedia setiap saat;
    • Informasi yang dikecualikan.

     b. Memberikan tanggapan atas permintaan informasi publik yang diajukan oleh pemohon

         informasi publik;

     c. Mengoordinasikan dan mengonsolidasikan pengumpulan bahan informasi dan

         dokumentasi yang ada di lingkungannya;

     d. Mengoordinasikan pendokumentasian, penyediaan dan pelayanan informasi yang ada di

          lingkungannya kepada publik;

     e. Melakukan verifikasi bahan informasi publik yang ada di lingkungannya;

     f. Melakukan pemutakhiran informasi dan dokumentasi yang ada di lingkungannya;

     g. Menyediakan informasi dan dokumentasi yang ada di lingkungannya untuk diakses oleh

          masyarakat;

     h. Melakukan inventarisasi informasi yang dikecualikan untuk disampaikan kepada

         PPID Utama, dan;

      i. Memberikan laporan tentang pengelolaan informasi yang ada di lingkungannya

         kepada PPID Utama secara berkala.

PPID Pelaksana bertanggung jawab mengoordinasikan pelayanan informasi publik yang meliputi proses penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan dan pelayanan informasi publik di Badan Pengelolaan Keuangan Pendapatan Dan Aset Daerah Kabupaten Klaten.

Dalam melaksanakan tugas, tanggung jawab dan wewenangnya, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pelaksana bertanggung jawab kepada Atasan PPID Pelaksana.